Flu, Sebuah Ungkapan Perasaan

Tingkah loe loq bikin hatche

Gaya loe koq bikin hatche

Napas loe koq bikin hatche

Liat loe koq gue hatche-hatche……

 

Bagi anda penggemar musik rock, pasti pernah mendengar Andy /rif menyanyikan lirik di atas. Tapi tunggu dulu, hatche-hatche-nya Andy /rif hanya ada di lirik lagu ‘Loe Toe Ye’, bukan karena flu atau kna influenza sungguhan. Beda dengan apa yang saya alami sekarang.

Hari ini saya baru saja sadar sedang terjangkit flu. Syukurlah masih flu biasa tidak sampai flu burung alias kena virus H5N1 (ke mana aja…?).

Ya begitulah awalnya saya anggap hanya hatche-hatche biasa karena memang saya sensitif dengan debu. Eh, ternyata setelah kamar yang baru saja saya bersihkan dari debu steril kembali, hatche-hatche saya masih berlanjut.

Bingung karena saya di rumah sendirian. Tengok ke kotak obat hanya ada obat demam, obat saakit kepala, obat merah, tanpa sebutirpun obat flu (belum jodoh rupanya…). Ya sudah saya hanya nisa menyesal menghadapi apa yang terjadi (sedikit dramatisasi). Mungkin agak siang nanti saya akan menuju warung terdekat mencari obat flu yang ‘cespleng’.

Boleh saya kutipkan sebuah informasi tentang flu?

Influensa? Lebih Baik Beristirahat

Uuhhh! Pilek atau influenza membuat hidung tersumbat atau malah meler alias cairan lendir terus mengalir. Jika berbicara menjadi bindeng atau sengau. Pokoknya pilek cukup mengganggu dan kerap terjadi pada saat transisi musim (pancaroba).

Jika hidung terus berair, harus siap saputangan atau tisu untuk sewaktu-waktu menyekanya. Sementara jika hidung justru tersumbat, membuat mulut sedikit menganga untuk jalan masuk oksigen. Bahkan pilek bisa berlanjut ke saluran tenggorokan menjadi batuk yang juga sangat menganggu.

Sementara influenza adalah infeksi viral atau akibat masuknya virus influensa. Masyarakat lebih mengenal dengan istilah Flu. Dampak flu bisa membuat seluruh tubuh meriang dan serangannya tiba-tiba. Seseorang yang sebelumnya melakukan kegiatan biasa, mendadak menjadi sangat lemah untuk melakukan apa pun.

Sementara pilek atau biasa disebut flu ringan (common cold) hanya menyerang hidung, tenggorokan, dan dada. Seseorang yang terkena pilek masih bisa melakukan kegiatan seperti biasa.

Flu adalah infeksi yang menyerang terutama bagian hidung, tenggorokan dan sistem pernapasan bagian atas. Jika flu sudah parah memerlukan perawatan di rumah sakit.

Cara penularan flu dari seorang penderita kepada orang sehat di sekitarnya relatif mudah. Seseorang pengidap flu atau terinfeksi influenza yang bersin atau batuk menyebarkan virus-virus influenza dalam semburan cairan halus (droplets) atau embun ke udara.

Nah, udara yang sudah terkontaminasi virus tersebut terhirup orang yang sehat saat bernapas. Kalau sudah seperti ini, bersiap-siaplah ‘menerima’ penyakit tersebut, terlebih lagi jika kondisi tubuh sedang lemah.

Siapapun bisa terkena flu. Lebih banyak atau lebih lama orang sehat berada di sekitar orang yang menderita flu, semakin besar kemungkinannya untuk tertulari. Bahkan penderita yang mudah terkena flu dan komplikasi, sebaiknya menjalani vaksinasi.

Komplikasi yang menyertai flu semacam radang paru-paru yang memerlukan perawatan di rumah sakit karena bisa menyebakan kematian.

**

Sebenarnya, untuk menghindari serangan flu cukup mudah, yaitu membiasakan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Caranya? konsumsi makanan yang menyehatkan dan menguatkan tubuh, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, tidak stres dan tidak merokok. Tentunya menghindari pula orang yang batuk atau bersin tanpa menutup hidung atau mulutnya jika memang terindikasi mengidap flu.

Satu hal yang cukup mendapat perhatian adalah virus flu selalu mengalami perubahan (evolusi ?) setiap tahunnya. Para ahli dan peneliti berusaha keras meperkirakan jenis virus flu yang akan menyerang dan mengembangkan sejumlah vaksin guna melawan flu setiap tahun. Maka, kelompok masyarakat dengan risiko tinggi disarankan menjalani vaksinasi setiap tahun.

Sejauh ini tidak ada obat untuk flu, kecuali kelompok dekongestan atau pereda nyeri semacam parasetamol, aspirin atau ibuprofen untuk membantu pasien. Obat antibiotik tidak digunakan untuk mengobati penderita, kecuali untuk mengatasi infeksi bakteri yang menyertainya. Memang lebih banyak istirahat dan banyak minum akan membantu pasien.

Pengobatan flu secara alami adalah menggunakan ramuan tumbuhan semacam Echinacea (Echinacea purpurea augustifolia) yang dipercaya mampu memancing kekebalan tubuh, yaitu menambah jumlah butir darah putih dan produksi antibodi. Tanaman tersebut mampu mempercepat pemulihan kesehatan dan juga mencegah serangan flu/pilek.

Bawang putih juga berguna karena zat anti virus dan anti bakteri yang dikandungnya. Lantas tanaman yang berkhasiat menghangatkan semacam mint atau sirih untuk mengatasi batuk, sementara jahe bisa membantu meredakan radang tenggorokan.

Upaya lain adalah diet untuk membersihkan pencernaan dan mendorong kekebalan. Di dunia hewan juga menerapkan puasa ketika mengalami sakit. Lantas menghirup uap hangat bisa juga membantu meredakan hidung mampat, juga merendam kaki di air hangat untuk membantu sirkulasi darah.

Terapi nutrisi, di mana penambahan zat seng (zinc) dapat mengurangi lama serangan flu dan meredakan sakit. Pemberian vitamin C ekstra dosis tinggi juga memberikan efek yang sama.

Akupuntur atau akupresur dapat pula meredakan sumbatan pernapasan.

Benar juga kata orang tua dahulu. Jika sedang sakit jangan keluar rumah. Selain untuk memulihkan kondisi dengan istirahat yang dukup, juga mencegah menulari orang lain yang sehat di luar rumah.***

(dik/”PR”/berbagai sumber).

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0204/26/cakrawala/laput2.htm

——————-

Jadi, bagi anda yang sedang atau belum terkena flu, ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan.

DO

  1. berjanji makan sehat, supaya metabolisme tubuh tetap terjaga

  2. berjanji olah raga rutin minimal jalan kaki supaya sehat dan mengurangi penyebab global warming

  3. siap payung sebelum hujan. Siapkan obat komplit plus tissue yang akan jadi teman setia ketika flu

  4. selalu berdoa kepada Tuhan YME agar diberi pahala dan kesehatan

  5. pertolongan pertama pada flu = minum air jeruk hangat

DON’T

  1. dekat2 hidung orang yang sedang flu

  2. membuang kotoran hidung (maaf) yang menumpuk selama flu di sembarang tempat

  3. minum es, makan es krim, mandi dengan air es, masuk kulkas, berwisata ke Antartika, berenang tengah malam

 

 

NB : Tulisan ini bisa benar mungkin juga bisa salah.

Yang pasti ada benarnya dan ada juga salahnya.

Tapi sesungguhnya kebenaran hanya milik Allah

dan kesalahan tentu punya manusia…

Maaf…(^_^))

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s