Ramalan di Tahun Baru

Hmm, menurut anda apakah yang paling dekat hubungannya dengan tahun baru? Mungkin lebih tepat bila tahun baru dikaitkan dengan suasana baru, semangat baru, pokoknya apa saja yang membangkitkan jiwa kita menyongsong hari-hari baru. Menghilangkan hal-hal yang tidak baik, mepertahankan dan menambah yang baik-baik. Kalimat itu saya kutip dari kata-kata guru Sosiologi semasa SMA.

Tapi sebagian besar acara di televisi terutama program infotaintment tak pernah lupa menyisipkan ramal meramal sebelum, ketika, dan setelah tahun baru. Tanya kenapa? Ya, selama orang-orang masih percaya ramalan, selama itu pula bisnis ramalan mendapat job. Ramainya ramal-meramal di tahun baru bisa mencakup wilayah karier, jodoh, keuangan, keberuntungan, hari-hari dan angka sial. Apa hasil ramalan tersebut dipercaya menjadi pedoman hidup seseorang dalam menjalani kehidupannya satu tahun ke depan. Walaupun kadang hanya menyebabkan harap-harap cemas.

Perlukah mempercayai ramalan? Itu semua terserah anda. Secara pribadi saya sendiri lebih baik menghindari segala bentuk ramalan. Selain karena tidak sesuai dengan ajaran agama, saya pikir tidak ada manfaatnya menggantungkan diri pada hal-hal yang sebenarnya tidak pasti. Buang waktu, buang tenaga bahkan pikiran.

Akhirnya saya hanya dapat berkata “ Shappe, deeee…..!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s