Hiburan yang Cerdas

Huwaaaah,.. lagi bete nih. Enaknya ngapain yhaaah?

Jalan-jalan atau nonton film aja? Ke warnet juga boleh,…

 

Masa muda memang identik dengan emosinya yang kata orang sedang meledak-ledak. Kadang dia lagi seneeng banget, susah deh kontrol emosi, kalo lagi bete, apalagi. Emang anak muda itu banyak maunya. (eh, ada yang protes?)

Ngaku yah kalo lagi engga ngapa-ngapain pada ngapain? Koq muter-muter sih ngomongnya?

Gini loh maksudnya, hampir sebagian besar kaum remaja rentan dengan kebosanan. Bosan dengan rutinitas rumah dan sekolah yang monoton tiap hari. Coba, apa solusinya? Pasti pada jawab >> mencari hiburan. Tapi emang aslinya yang namanya HIBURAN adalah salah satu kebutuhan rohani yang mutlak pemenuhannya.

Misalnya kalo kita sedang bosen belajar, habis kena marah orang tua, dibete-in temen, pasti jung-ujungnya cari hiburan. Bahkan kadang hiburan dijadikan pelampiasan dari kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan. Masa?

Sayangnya apa yang sering disebut having fun sekarang ini udah parah, menuju gawat! Hiburan yang sebenarnya hanya berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan sekunder, kini malah dijadikan gaya hidup oleh para remaja mulai dari yang imut2 sampai amit2 (tapi masih banyak yang imut2 koq). Drugs, minum alkohol, clubbing, fanatik sama musik punk anarkis, contoh-contoh serem tadi sekarang malah diyakini sebagai hiburan yang paling menyenangkan. Tugas utama sebagai pelajar dan muslim pun terlupakan. Allah berfirman dalam Al-Quran :Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur (QS. At-Takatsur :1-2)

Oke,.oke cari hiburan memang tidak dilarang, tapi kamu juga harus cerdas pilih-pilih hiburan yang tepat, sehat, dan bermanfaat, dong! Rasulullah Salallahualaihi Wasallam bersabda :
Bersemangatlah kalian terhadap hal-hal yang memberikan manfaat kepadamu..

Caranya :

Pertama, cari lingkungan yang baik. Gabung deh sama komunitas-komunitas hobi tertentu. Misalnya : komunitas pecinta tanaman, skate-boarder, komunitas pecinta Tamiya (^^), bag-packer, komunitas sepeda ontel, klub basket, atau komunitas pecinta ular. Ga cuma dapat hiburan, kamu juga bisa mengembangkan pergaulan ke arah positif.

Kedua, bikin hiburan sendiri. Percaya deh, kalo kamu2 emang orangnya kreatif. Jadi ga salah kalo kamu bikin hiburan sendiri yang sesuai dengan keinginan kamu. Bikin jadwal liburan ke luar kota atau ikut ngaji di mana gitu. Suasana baru yang nyaman akan membuat pikiran kamu segar kembali.

Ketiga, cari pengetahuan baru yang belum pernah kamu tau sebelumnya. Topik pembicaraan yang biasa-biasa dan itu-itu saja emang gampang banget membuat kita bosan. Dengan mencari pengetahuan tentang hal-hal baru yang sama sekali beda dari rutinitas kamu di sekolah, kamu bisa memperkaya pengalaman dan tentunya ilmu loh,..

Siap mencari hiburan yang cerdas? Tunggu dulu, kamu juga musti ingat bahwa hiburan yang kita lakukan juga musti syari. Ga boleh lupa posisi kita sebagai generasi muda muslim.

 ****

Special For adek2 kelas di SMAN 1 Magelang

 

 

2 responses to “Hiburan yang Cerdas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s