tvOne feat Al-Jazeera Arabic

tvoneBeberapa pekan yang lalu, mata dan telinga pemirsa televisi dipenuhi oleh berita 225px-al_jazeera_logodan laporan tentang tragedi kemanusiaan di Gaza. Semua media baik cetak maupun elektronik berlomba-lomba menyajikan berita yang akurat dan cepat langsung dari Gaza. Hal ini juga yang dilakukan tvOne.

tvOne yang memegang jargon TV Pemilu menjelang Pemilihan Umum 2009 ternyata tidak kemudian menganakemaskan berita-berita seputar Pemilu di Indonesia. Bahkan sepanjang peristiwa penyerangan Israel ke Gaza, tvOne menjadi salah satu stasiun televisi yang terbilang rajin menyajikan laporan langsungnya dari Timur Tengah. Meskipun tetap, program acara seperti Uji Kandidat, Debat, hingga program mengenal partai politik masih menjadi acuan tersendiri bagi stasiun televisi ini.

Diresmikan pada tanggal 14 Februari 2008, televisi yang terbilang sangat muda ini memiliki visi yang berbeda dibandingkan stasiun televisi swasta lainnya. Sejak kepemilikan saham berpindah ke Bakrie Corp, tvOne berusaha memperbaiki konten acaranya, dari format semula saat masih menggunakan nama Lativi. Dengan mengklasifikasikan program-programnya dalam beberapa kategori yaitu News One, Sport One, Info One, dan Reality One, tvOne mentargetkan penontonnya berasal dari usia 15 tahun ke atas.

Dalam perjalanannya sepanjang tahun 2008, tvOne memang telah terbukti memberikan alternatif informasi yang lebih inovatif dan lebih ‘indonesia’ dibandingkan stasiun televisi berita sejenis yang telah ada sebelumnya, Metro TV.

Media dalam usahanya meraih simpati masyarakat, selalu menggunakan berbagai cara termasuk mengikuti selera serta kebutuhan masyarakat akan informasi. Sebuah nilai tambah telah berhasil diperoleh oleh tvOne dalam penyajian berita yang cukup kontroversial. Relay tvOne langsung dari stasiun berita Al Jazeera Arabic merupakan sebuah metode yang cukup melawan arus mengingat selama ini media-media massa di Indonesia sebagian besar masih mengandalkan sumbernya dari BBC atau VOA milik ‘dunia barat’ .

Nilai tambah tersebut bisa saja memacu kinerja tvOne pada tahun-tahun selanjutnya. Namun tidak menutup kemungkinan hanya akan bertahan sebatas memperoleh citra positif dari masyarakat untuk selanjutnya kembali menjadi stasiun televisi berita yang ‘sejalan’ dengan stasiun lain. Kita saksikan saja nanti.

 

 

 

2 responses to “tvOne feat Al-Jazeera Arabic

  1. Iya, menurutku TvOne memang “lumayan” utk urusan Palestina ini…
    Tadi malam aja ada program Malam Kepedulian Palestina…

    Luar biasa lah…

    Tambahan juga, di Hidayatullah, salah satu ulama (apa dubes Palestina ya?) menyatakan kekagumannya atas kinerja media2 di Indonesia thd agresi Israel thd Palestina…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s