Desain Grafis dan Saya (part II)

Tim yang saya dan Ratna bentuk sebenarnya sangat dadakan. Kami mengikuti sebuah lomba desain untuk yang pertama kalinya, Lomba Desain Logo PT Pos Indonesia. Diadakan akhir tahun 2008 lalu, saat saya tengah menunggu kepastian dari Degeta Corp.

pos11Beberapa pekan kami menyempatkan diri memproses materi untuk didikutkan dalam lomba tersebut. Niat banget-lah!! Semua proses mulai dari pengkonsepan, penyesuaian syarat2, hingga pendaftaran ke kantor Pos kami lakukan secara sembunyi2. hehe,.. bukannya takut malu kalau kalah (….dikit sih!) tapi kami takut terlalu banyak yang berharap kami menang kalau teman-teman di kampus tahu. padahal semua proses dilakukan di kampus dengan notebook Acer kesayangan Ratna.

Tiba hari pengumuman, kami deg2an sekali. kalo kalah itu sudah biasa, namanya juga lomba pertama. Tapi justru kami takut menang, soalnya para pemenang terutama yang hadiah utama akan mendapatkan Grand Livina. Bingung uang pajak mau cari di mana. hehehe….^_^ Syukurlah kami mendapat pengalaman berharga dari lomba pertama ini. GAk menang tapi gak masalah,….

Rutinitas desain saya tidak terlalu jauh dari pekerjaan sosial,.. maksudnya memang hanya seputar membantu teman yang membutuhkan. Sedikit pencitraan diri juga kalau orang mengenal kami sedikit bisa mendesain. Suatu saat tantangan kembali datang, UGM mengadahkan lomba logo Dies Natalis yang ke-60. Tanpa membayar biaya pendaftaran

Jujur saj lagi-lagi tertarik dengan hadiahnya yang lumayan. Terlebih saat itu, memang sedang banyak kebutuhan. Maka tanpa ba-bi-bu lagi kami segera meeting untuk mempersiapkan keikutsertaan kami dalam lomba. 60_th_ugmNama SozComm Featured masih kami pakai sebagai nama tim. Ya, nama itu mungkin akan menjadi catatan dalam sejarah perjalanan kami di dunia desain grafis.

Kesempatan kedua biasanya gagal juga, seperti kesempatan kami kali ini, yang juga belum berhasil menjadi pemennang lomba desain logo Dies Natalis UGM ke-60. Pantas saja, saingan kami ternyata tidak main-main. Ada 600-an karya yang masuk ke panitia, dan saya yakin banyak di antara mereka yang sudah expert. Walaupun ternyata juara pertama diraih oleh seorang guru sebuah SMP negeri di Yogyakarta.

Belakangan, kami jadi sangat rajin mencari informasi lomba dan kompetisi desain grafis dan sering juga mengakses pengetahuan dan tips2 menarik melalui internet.

Ohya, saya dan ratna juga menemukan referensi seorang desainer yang hebat. Namanya bang Wildan Salim, mahasiswa tingkat akhir di kampus yang karya-karyanya berupa publikasi dan pamflet sering kami temui di sekitar kampus. Ini sebagian masterpiecenya..

kajian-sendowo-51

wildansaleem-sandiwara-langit1

  • *

Begitulah sekelumit cerita saya dan desain grafis. Sebuah hobi yang sekaligus merupakan pelarian saya dari rutinitas kuliah yang mulai membosankan (semoga hanya sementara…^_^). Sebuah hobi yang kini ingin saya tekuni hingga mungkin suatu saat menjadi mata pencaharian saya. Terlalu jauh memang, tapi saya masih terus belajar bagaimana mendesain yang baik, bermanfaat, dan tentu saja syar’i. Bagi anda yang memiliki keahlian atau sekadar hobi seperti saya saat ini, silakan share melalui blog ini atau e-mail saya.

7 responses to “Desain Grafis dan Saya (part II)

  1. @ zulfi
    hehe,.. sudah dibuka kayaknya serius tuh! belum level saya. Tapi makasih!

    @ ridwan
    terima kasih atas kunjungannya kembali!
    betul itu desain2 mas wildan salim,..

  2. Mampir nih…. Hehe, kok maey kayak berlebihan nie, jadi malu…. Saya juga masih belajar banyak dan perlu terus mencari referensi desain-desain yang lagi in…. lain kali diexspose-nya yang biasa-biasa aja ahhh….hehe…

  3. benar kok pak,.. memang luar biasa.
    jangan malu, malah justru semakin tertantang jadi lebih baik..

    saya sebagai ‘murid’ akan memantau terus perkembangannya.
    hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s