Kala Jenuh Melanda…qqq!

bored

Jenuh dengan aktivitas anda sehari2?? Du2h… kok sama yha? Kali ini dengan sedikit bermaksud curhat, saya ingin berbagi pengalaman, insya Alloh semoga tetap bermanfaat. Sebab selain curhat, saya pun mencoba mengemukakan beberapa solusi untuk ente2 yang juga mengalami apa yang dinamaken rasa JENUH, bosen, muak (yang satu ini agak kasar kedengarannya memang… qqq), seperti yang tengah saya alami belakangan ini.

Sebagai seorang mahasiswa (boleh percaya… boleh endak) pernah juga lho saya ngalamin masa2 berat karena kejenuhan. Jenuh dengan suasana kuliah dan tugas2nya, jenuh dengan lingkungan, dan jenuh dengan rutinitas yang muter2 tujuh keliling tiap harinya. Bukan aneh lho, meskipun belum ada riset yang jelas mengenai kejenuhan di kalangan mahasiswa, saya jamin, sebagian besar ngalami juga hal yang sama, meskipun juga keadaan itu tidak selalu barengan melanda mahasiswa tingkat ini-itu, atau semester ini-itu.

Eh, tapi syndrome boringiosis (oppooo… to kui??) ini juga dapat terjadi karena terlalu banyak hal yang ingin diraih. Bosan dengan usaha2 yang dilakukan.. lelah karena gak mungkin terus2an ‘ngoyo’ mengejar impian2 yang gak juga menjadi anda.

Okelah, anda boleh mbaca, boleh tidak, boleh menyanggah, atau melupakan cara2 saya untuk mengatasi kejenuhan di bawah ini, semoga berarti meskipun sedikit,. Kan urip mung sepisan, yha buat ‘ngamal’ to… (qqq….)

1. Cari sesuatu yang baru, sedikit ekstrim, tapi tetap potensial

Ekstrim di sini bukannya mencoba hal2 ngeri seperti terjun dari menara Tokyo atau berlari2 di aspal panas seharian tanpa alas kaki. Ekstrim maksudnya melakukan hal-hal di luar kebiasaan. Bukan sekadar tempat menyalurkan emosi, fikirkan hal positif serta potensi ke depan untuk kebiasaan ekstrim ini. Kalo hanya hura2, menguras tenaga dan biaya, gak banyak berguna untuk ke depannya, mending endak-lah…

2. Mencoba membangun ‘dunia’ sendiri, sedikit autis ^^

Rasa bosan terjadi juga karena bosan dengan lingkungan yang sehari-hari kita hadapi,.situasi kerja atau kuliah, teman2 yang gitu2 sahaja, atau apalah.. kadang kita membutuhkan waktu sendirian, perlu menjaga privasi kita. Dan sebuah cara supaya gak bosan, bangunlah ‘dunia’ sendiri, dunia yang bebas dari intervensi siapapun, (kecuali aqidah Islam, lho…. bisa linglung kalok tiba2 melupakan Alloh). Dalam dunia kesendirian ini, yha memang kita jadi merasa menjadi seorang yang autis. Tapi di balik kesendirian itu, kita jadi lebih dapat berpikir jernih, memutuskan posisi mana yang paling nyaman untuk diri kita sendiri.

3. Menyadari bahwa rutinitas hanyalah secuil dari kehidupan kita di dunia

Nah, yang ini lebih oke lagi, bila kita yakin, hidup telah diatur oleh Alloh, sekecil apapun itu, kita jadi yakin bahwa masa2 yang tidak menyenangkan itu, adalah sebagian dari hidup kita di dunia. Lagian kita kan tau, hidup di dunia gak bakal lama2,.. jadi untuk apa dihabiskan untuk melamun… menyesali sesuatu, atau bahkan merasa bosan hidup.. (PD, emang udah siap mati??)

Yah, gitu deh.. sedikit sekelumit coretan saya, semoga ada yang baca dan Alhamdulillah kalo ada yang bermanfaat… qqq! Semangat! Kembalikan orientasi hidupmu….!

Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?”, niscaya mereka menjawab: “Allah”. Katakanlah: “Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmatNya?. Katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku”. Kepada- Nyalah bertawakkal orang-orang yang berserah diri.
(QS.Az-Zumar : 38)

6 responses to “Kala Jenuh Melanda…qqq!

  1. oh jenuh kuliah yha..emm sama klo gitu.
    kalo ak mengatasi kebosanan kuliah yaitu cuti satu semester aja jangan lama-lama, kerja partime ya nambah pengalaman di dunia kerja sama kalau da waktu buat konsep skripsis gt. Diberi kesempatan cuti jangan disia-siakan lagian kalau ngajuain cuti itu free alias gratis, asal sesuai prosedur lho..tapi ak g rekomendasikan cuti lho..yha itu terserah anti aja.

  2. @ ridwan
    bosennya tuh karena ingin cepat2 keluar dari sini e..
    ingin mengalihkan tujuan hidup.

    @ zulfi
    cara cukup jitu dan nyaman, autis mode on jg.. qqq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s