Endangered Species

Endangered species diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia = spesies terancam. Penggunaan istilah ini identik dengan hewan atau tumbuh2an yang sudah sangat sedikit keberadaannya. Saking sedikitnya. spesies tersebut hampir dipastikan segera punah. Jumlah yang berangsur-angsur semakin sedikit ini disebabkan banyaknya pengaruh dari spesies sendiri juga dari luar. Misal pada hewan, ia tidak bisa menjalankan kebiasaan-kebiasaannya seperti makan/minum/berkembang biak dengan baik. Pengaruh dari luar seperti kerusakan habitat akibat perubahan keadaan alam atau ulah manusia, menjadikan spesies yang tadinya banyak, menjadi semakin sedikit.

Species terancam (punah) barangkali tepat dipergunakan untuk menggambarkan betapa sedikitnya umat Islam yang benar2 mengetahui, memahami, serta mengamalkan ajaran Islam. Sebagaimana yang pernah diungkapkan dalam sebuah hadits (ehemm.. tepatnya baca referensi yang lebih kualified aja ya.. tenang, nanti ada link-nya), bahwa akan datang suatu masa di mana muslim yang menjalankan agama Islam seperti memegang bara api. Keadaannya asing, seperti saat pertama kali ajaran Islam diwahyukan kepada nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wa sallam. Banyak orang yang mengaku Islam menjauh dari ajaran2 Islam. Ditambah pengaruh dari luar, godaan syaitan serta kehidupan duniawi yang melenakan kesadaran. Jumlah mereka akan semakin sedikit, karena mereka yang berpindah spesies atau desakan dari spesies yang lain.

Bukan bermaksud menyamakan antara manusia dengan hewan atau tumbuhan, pengistilahan ini sebatas memberikan gambaran yang jelas. Menjadi endangered species mungkin akan membuat seseorang terbiasa dengan anggapan ‘orang2 malas’ atau ‘orang2 pecundang’ atau ‘pelamun dan pengkhayal’ atau ‘hidup di antara angan2’. Endangered species bangga dengan yang sedikit, lebih bangga dari perasaan berbangga karena mayoritas. baca juga tulisan ini.

Semoga Alloh menggolongkan kita pada endangered species (baca : orang2 yang mendapatkan rahmat-Nya untuk menjalankan kehidupan ini karena ridho-Nya). amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s