Objek Euforia Piala Dunia

Tidak terasa hari H datang juga. Euforia yang terjadi sejak setahun lalu atau mungin lebih bangsa2 di dunia terbalas sudah. Opening Ceremony yang meriah yang disiarkan langsung official tivi partnernya, sebuah stasiun tivi swasta di Indonesia, menjadi hentakan awal dimulainya FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan.

Agaknya Piala Dunia kini tak hanya menjadi demam, tetapi sudah bergeser menjadi gaya hidup. Setiap orang harus tau dan mengikuti perkembangannya bila ingin eksis di lingkungannya. Hebat memang, world cup menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat. Dari orang kantoran, mahasiswa, sekolah2 SD sampai SMA, terkadang juga masyarakat di ekonomi menengah ke bawah, menyempatkan diri membahas worldcup. Tak cukup hanya membahas pertandingan, profil pemain, aksesoris, dan situasi politik yang terkait dengan negara2 pesertanya, menyita sebagian waktu produktif orang-orang.

**

Jadi ingat, Indonesia kan belum masuk piala dunia ya. Kenapa sensai worldcup begitu besar di negeri ini? Orang beramai-ramai mendukung negara-negara lain dan menggunakan atribut yang heboh. Kita seakan rela dijadikan objek sampingan dari euforia piala dunia. Menjadi target pasar aksesoris dan berbagai bentuk produk media yang berbau piala dunia. Tidak berlebihan menuduh bukan? Indonesia punya jumlah penduduk yang besar, yang sebagian besar senang bersenang2, senang dengan tren dunia, dan tidak pelit uang untuk konsumsi hiburan.

Tidak mungkin worldcup begitu banyak dijadikan gaya hidup tanpa informasi, dan tidak mungkin informasi datang tanpa media massa, dan media massa juga tidak mungkin bisa memberikan informasi dengan mudah tanpa kelonggaran negosiasi politik antarnegara. Jangan sampai kita menjadi korban politik atau komoditas ekonomi yang potensial, karena mudahnya kita menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran untuk ‘pesta’ sesaat sampai kita lupa mana yang lebih penting dipikirkan. Ya, minimal memikirkan bagaimana supaya moral orang Indonesia kembali pulih, tidak gampangan memproduksi, menyebar, dan mengkonsumsi video mesum.

One response to “Objek Euforia Piala Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s