Belajar dari Kaum Para Nabi

Merapi masih aktif, itu yang saya dengar dari beberapa berita akhir pekan kemarin. Sejak bulan Oktober 2010, hingga saat ini, Merapi memang masih melakukan aktivitas yang mau tidak mau berdampak kepada manusia, terutama mereka yang berada di sekitarnya.

Hidup di daerah dengan aktivitas vulkanik dan tektonik tinggi seperti di negeri ini memang penuh risiko. Bisa saja sekejap apa yang dipandang baik-baik saja, hilang di depan mata. Seolah apa yang dipunya tak pernah ada. Telah cukup banyak bukti kasat mata yang dialami seperti rangkaian peristiwa alam.

Tapi negeri ini memiliki ‘siklus’ unik dalam menangani bencana. Sebelum bencana datang, sistem pencegahan yang kurang memadai. infrastruktur rusak sebelum waktunya. Itu baru pada ranah fisik. Saat bencana datang, tidak sedikit justru menjadi tayangan yang layak ‘ditonton’ dan didramatisasi, pihak berwenang baru bereaksi sehingga tak heran bila banyak korban berjatuhan. Pascabencana, penanganan sudah dianggap selesai, walaupun pada kenyataan justru tatanan kehidupan masyarakat menjadi rwan oleh konflik dan ‘bantuan2 asing’ yang bisa saja menyelipkan tendensi tertentu.

Bacalah,..iqra’…! kita diperintahkan untuk belajar, berusaha mengambil hikmah dari apa yang pernah dilalui. Apa dan bagaimana peristiwa dahyat yang menimpa kaum nabi Nuh, nabi Sholeh, nabi Musa, nabi Luth alaihissalam. Kesalahan kaum-kaum tersebut sudah lengkap kita lakukan, bukan?

Hak mengenai azab dab ujian ada di tangan Alloh. Karena Ia yang paling mengetahui bagaimana keadaan manusia dan bagaimana keadaan suatu kaum. Dan jelas, manusia tidak layak sombong. Ingat saja, dunia mungkin sudah dalam status ‘waspada’ saat akhir zaman dimulai dengan tanda diutusnya nabi Muhammad Sholallohu ‘alaihi wa sallam ke muka bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s