Jagoan Baru, Densus 99 NU

Pas peringatan Harlah NU ke-85 di yang menghijau di GBK kemarin, saya dapat forward-an SMS yang sedikit mencengangkan. Ini tentang pasukan khusus Banser NU yang diberi judul Densus 99 (biar mirip dengan Densus 88, tapi kali ini bukan merk salep. ehehe…). Misinya melawan tindakan radikal yang berbau terorisme di Indonesia. Katanya kalau aparat telat menangani kelompok2 radikal yang mengacu kepada tindakan terorisme, mereka yang akan pasang badan.

Lalu saya pun nyetel tivi melihat info lebih lanjut. Benar saja, beberapa newsticker tentang jagoan baru NU ini tersiar di dua televisi berita nasional. Yang paling menonjol adalah kemampuan plus2 yang dipunyai anggota Densus 99 ini, ilmu debus alias ilmu kebal. Wah2, kalo lagi ga ada kerjaan bisa masuk tivi dan beratraksi nih.. Baca lagi sedikit tentang Densus 99 di sini.

Dengan kelebihan ilmu tersebut, harapannya anggota Densus 99 bisa menangani ancaman bom, misalnya, dengan tangan kosong. Mungkin ada syarat pakar mercon pas masih kecil buat anggotanya. ho2.. Untuk mendaapatkan kekebalan tingkat dasar ilmu kebal, mereka wajib puasa 40 hari. Habis itu hafal mantra2, habis itu lihai berjopa-japu hush.. biar semakin manjur. (kali…) ckckck..

Tapi kalau saya masih benar sedikit, basic ormas NU kan Islam, ya? Ahlussunnah wal jama’ah, ya? Yang pengikutnya terbesar di Indonesia, ya? Kenapa caranya mirip2 dukun, paranormal, ahli ilmu debus,… dll. Apakah puasa empat puluh hari, mantra2 (sekalipun kelihatannya dengan ayat2 dari Al-Qur’an) ada dalam syari’ah? Saya pikir tidak. Apakah ‘hanya’ untuk tujuan yang geje, aqidah dan syari’ah harus dinomorsebelaskan??

Saya katakan geje (ga jelas) karena persoalan yang dinamakan tindak terorisme saat ini tidak menemui kejelasan. Setiap kasus berujung tanpa pasti. Kalaupun ada beberapa orang yang terbunuh atas nama DPO teror, berapa dampak yang harus dikorbankan? Persoalan geje ini tidak hanya di Indonesia, tapi sudah menyangkut dunia internasional. Yang jelas hanyalah kata terorisme sekarang sudah bermakna peyoratif, menyempit. Menyempit ke mana, Anda juga tahu. Dan kehadiran Densus 99 seolah meyakinkan operasi tingkat dunia yang banyak dibicarakan sebagai False Flag Operation.

Jadi dari sudut pandang dasar dan cara yang dilakukan anak organisasi massa NU ini sudah ndak benar. Lantas, pertanyaannya apa tujuan NU merestui lahirnya jagoan baru ini? Pertama, untuk menjaga keutuhan NKRI (yang pasti mengagungkan nasionalisme), atau yang kedua mencari muka musuh Islam (yang mendukung peyorasi terorisme). Kalaupun mau membersihkan pemahaman yang salah dari yang diistilahkan kelompok radikal, yang penting pelurusan tujuan dan cara sesuai dengan Islam, bukan cara ‘jagoan’ seperti ini.

Aneh2 ae..

5 responses to “Jagoan Baru, Densus 99 NU

  1. teuku umar bahkan pernah membelot kepada voc. semua kawan seperjuangannya beranggapan dia benar2 berontak. namun teuku umar kembali datang dengan 250 anak buah dan senjata lengkap. akankah itu strategi muka 2 yang satu pura2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s