Lebih dari Sekadar Membaca!!!

Tulisan ini bukan tentang kemampuan membaca melainkan sejauh mana seseorang bersedia (mau) meluangkan dirinya untuk mengamati. Mengamati memang lebih dalam dari membaca. Tapi mengamati merupakan bagian dari membaca, sehingga ‘membaca’ dapat menjadi konotasi dari ‘mengamati’.

Membaca juga sama dengan mengartikan lebih jauh makna dari fenomena tertentu. Menggunakan sudut pandang lebih dari satu. Membaca semacam ini akhirnya akan menghasilkan relativitas. Membaca pun dapat digunakan sebagai pertimbangan mengambil keputusan dengan membandingkan beberapa hal bersamaan.

Lebih bijak dengan membaca. Dengan lebih dari sekadar membaca, tidak hanya huruf yang kita kenal, tidak hanya gambar yang kita lihat, tidak hanya fenomena yang kita tangkap. Lebih dari sekadar membaca, memungkinkan diri untuk memahami berbagai sudut pandang serta menajamkan pikiran untuk menjawab pertanyaan ‘mengapa’. Sebagaimana seorang muslim yang diperintahkan untuk membaca ayat2 dalam Qur’an dan membaca ayat2 Alloh ta’ala yang tersebar di muka bumi.

Tanamkan kemauan membaca sejak di bangku pendidikan formal dengan berpartisipasi dalam LOMBA MENULIS DAN SEMINAR PENDIDIKAN 2012. Info lengkap, wajib klik di sini

Selamat membaca….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s