Zal, Ayah, dan Ibunya

kelrg kecilZal, anak laki-laki yang baru berusia 13 bulan. Belum terlalu lama ia mengenal dunia. Ia lahir di sebuah kabupaten di DIY. Secara fisik ia tak terlalu gemuk sehingga tampak lincah dan bersemangat.

Zal termasuk anak yang rajin belajar. Beberapa kata dikenal dan dihafalnya, meski masih terbata2 dan menggunakan bahasanya sendiri. Zal sudah mulai berjalan walau juga masih gontai. Sebagaimana anak2, banyak hal yang ingin ia ketahui dan pelajari.

Sebenarnya tak hanya Zal yang tengah belajar. Ayah Zal juga tengah belajar menjadi seorang ayah yang ada untuk keluarganya. Terutama untuk Zal. menemani ia bermain, mengjarkan sesuatu, serta memberi teladan kepemimpinan sebagai seorang laki-laki.

Ya, belajar menjadi ayah lahir dan batin. Sebab ternyata tidak semua ayah mampu menjadi ayah yang ada untuk anak-anak dan keluarganya. Hanya status dan keperluan materi tebukti tak banyak berperan mendidik anak-anak yag lebih menginginkan kehangatan pribadi seorang ayah.

Seperti Zal dan Ayah, Ibu Zal pun belajar. Ibu belajar mengikhlaskan gelar akademiknya untuk bekerja di rumah. Mengurus rumah tangga dan merawat Zal. Belajar menjadi asisten manajer sekaligus staf di rumah. Belajar untuk meraih titel penyabar, lembut, dan penuh kasih sayang.

Zal, Ayah, dan Ibunya memiliki status yang sama. Mereka adalah pembelajar kehidupan  di dalam keluarga. Setiap saat mendapatkan materi dari guru yang tidak pernah diduga. Semoga tidak pernah ada kata lelah untuk Zal, Ayah, dan Ibunya. Semoga Alloh selalu memudahkan serta memberikan berkah bagi keluarga kecil Zal serta keluarga-keluarga lain yang mengharap ridho Alloh semata.

2 responses to “Zal, Ayah, dan Ibunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s