Diet Televisi

Bulan Maret, genap setahun tidak ada televisi di kediaman kami. Awalnya karena barang2 yang kami bawa pindah ke perantauan terbatas. Ternyata keterusan sampai setahun walapun pelan2 rumah sewaan kami penuhi dengan perabot rumah tangga lainnya.
Diet televisi ternyata tak sengeri yang saya bayangkan. Sebelumnya saya pernah dengar keluarga2 yang sengaja ‘mengharamkan’ kotak ajaib tersebut. Pernah juga baca pendapat ulama tentang banyaknya kemudharatan televisi. Dulu saya pikir sikap seperti itu terlalu ekstrim. Dan saya kira tidak mungkin. Tapi ternyata sekarang saya sangat setuju dengan para pelaku diet televisi.
Alhamdulillah sekalipun tak punya tivi kami tak kemudian ketinggalan informasi. Hanya terkadang telat saja. Itu saya anggap sebagai filter juga. Jadi tidak harus terbawa arus utama media massa pada saat informasi tertentu sedang deras disampaikan di layar kaca. Sudah ada internet yang sangat bisa menggantikan peran televisi dengan berbagai info yang bisa kami pilih.
Pangeran kecil kami, zal juga sudah terbiasa tanpa tivi. Hanya ketika mudik ke rumah embah2nya saja ia sering nonton tivi. Itupun paling lama setengah jam ia duduk baik di depannya. Mudah sekali Zal bosan. Beda dengan aktivitas main air atau main tanah kesukaannya. Tanpa tivi semoga Zal lebih kreatif, sholih, sehat, dan cerdas.
Bila suatu hari Alloh titipkan rizki yang lebih pada kami sehingga bisa lebih hidup mapan, kami pun tak berencana memiliki televisi. Mungkin kami lebih senang memperbaiki jaringan internet di rumah, yang tentunya dilengkapi filter diri agar tidak beralih menjadi pecandu internet.
Bye2.. tivi!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s