Local (T)errorism

91penembak jituPost kali ini saya tulis setelah hampir sebulan dengar kabar dari kampung halaman. Teror penembakan terhadap perempuan di kota Magelang.
Mungkin teror lokal sejenis sudah sering dialami oleh warga Yogyakarta. Seperti kasus mio putih yang pengendaranya menyerang warga dengan celurit. Yang paling akhir Yogya Cutter penyerang anak usia sekolah. Wilayah yogya lebih luas dan sibuk sehingga permasalahan sosial lebih kompleks.
Agak langka ketika teror lokal tersebut sampai ke kota kecil Magelang. Kota yang secara kasat mata umum tidak begitu penting dalam perpolitikan nasional. Penembakan beruntun yang dilakukan orang tak dikenal menargetkan para perempuan di Jalan Pemuda, Magelang. Awalnya hanya terjadi malam hari dengan jenis senjata senapan angin. Namun nyatanya teror penembakan di kawasan vital ini dinilai sebagian orang sebagai pengalihan isu.
Lamanya pelacakan pelaku tidak sesuai dengan kemampuan yang semestinya dimiliki oleh aparat. Pertama, lokasi berdekatan dengan Polresta Magelang, sekitar 1-2 km. Kedua, menurut polisi telah diterjunkan sekian tim termasuk intel untuk segera menemukan pelaku. Ketiga, adanya detasemen khusus yang menangani teror. Hal tersebut menghadirkan kesan pembiaran yang kemudian tak dipungkiri merujuk pada pengalihan isu. Entah lokal, nasional, atau sekadar pesanan.
Mengapa kasus ‘sekecil’ ini tidak bisa segera dibereskan aparat beserta kawan2nya? Dua kelompok masyarakat yang akan menjadi korban teror lokal serupa. Pertama para korban target kejahatan, dan para pelaku yang seringkali tiba-tiba muncul setelah sekian lama peristiwa berlalu. Bagaimanapun teror lokal ini telah cukup berhasil mencekam masyarakat Magelang dan sekitarnya.
Tulisan ini sekadar pandangan awam saya sebagai bagian dari masyarakat. Cmmiw..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s